mata rabun di usia 40

Penglihatan Kabur Saat usia 40 tahun Ke Atas

Daya akomodasi mata adalah kemampuan mata untuk mempertahankan fokus yang jelas saat jarak pandang berubah. Kacamata akan menebal saat melihat benda yang dekat dan akan menipis saat melihat benda yang jauh. Fungsi akomodasi menempatkan bayangan objek yang dilihat tepat pada retina, sehingga objek yang dilihat selalu jelas.

Apa Penyebab Masalah Akomodasi?

Umumnya, kemampuan mata untuk mengakomodasi menurun seiring bertambahnya usia. Penglihatan kabur pada usia 40 tahun ke atas merupakan perubahan normal pada mata akibat proses penuaan dan dikenal sebagai presbiopia. Namun, ada juga anak sekolah, remaja, dan orang dewasa di bawah usia 40 tahun yang mengalami masalah akomodasi yang penglihatannya kabur saat membaca. Di antara penyebabnya adalah konsekuensi melakukan pekerjaan jarak dekat dalam waktu yang sangat lama. Sebagian besar anak dan remaja yang masih bersekolah menghabiskan lebih banyak waktu untuk membaca buku dan mengulas pelajaran. Selain itu, mereka juga terpapar penggunaan ‘gadget’ elektronik seperti bermain game komputer dan telepon genggam. Kondisi ini bisa memberi tekanan pada otot siliaris mata dan pada gilirannya menyebabkannya mengalami kram. Akibatnya, mata akan tertampung lebih dari yang seharusnya untuk fokus. Selain itu, ada obat-obatan yang dapat melemahkan akomodasi.

Apa Tanda-Tanda Masalah Akomodasi Mata?

   – Penglihatan kabur

-Mata cepat lelah saat membaca atau melakukan pekerjaan jarak dekat.

    -Sakit kepala.

   – Mengantuk dan mudah kehilangan fokus saat membaca.

    -Membaca dari jarak yang sangat dekat.

    -Penglihatan kabur setelah membaca untuk waktu yang lama atau penglihatan kabur setelah membuang muka.

Bisakah Masalah Akomodasi Diatasi?

Masalah akomodasi dapat diatasi dengan:

  • Kacamata (lensa cembung)
  • Terapi visual

Fungsi terapi visual adalah:

     Untuk membantu memperkuat otot siliaris mata untuk menampung dan mempertahankan fokus yang jelas saat melakukan pekerjaan jarak dekat.

     Membantu mengendurkan otot siliaris yang mengalami kram karena terus berkontraksi.

Jika Anda memiliki masalah akomodasi, silakan berkonsultasi dengan dokter mata terakreditasi untuk pemeriksaan komprehensif dan perawatan yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *